Merancang design dan memasang video wall dengan yang berukuran besar itu seperti merencanakan balapan mobil. Persiapan adalah kunci suksesnya selain itu, komunikasi sangat penting untuk menyeimbangkan impian pemilik dengan realitas kondisi yang ada. Seperti proyek besar lainnya, untuk mencapai sukses persiapannya harus matang dan terperinci.

Langkah-langkah untuk merancang design video wall dan instalasinya

+ Tetapkan Tujuan

Pertama, Anda harus tahu persaingan seperti apa yang sedang Anda hadapi. Anda ingin bersaing dalam Indy 500 atau rally mobil balap? Apa tujuannya? Tipe konten seperti apa (4k, HD) dan sumbernya (TV, internet, video, live stream, presentasi, dll)? Seberapa pentingkah teksnya bisa dibaca?

+ Rencanakan Konten

Konten dapat mendorong design Video Wall, jadi sangat penting untuk mempertimbangkan konten yang akan digunakan diawal proses design. Ada banyak trik kreatif dan ide design yang tersedia untuk digunakan. Selain itu juga pertimbangkan siapa dan dimana konten akan di update.

  • Apakah konten akan dikerjakan oleh orang lain ataukah Anda akan membuatnya sendiri
  • Apakah konten akan diupdate dari ruang control dalam gedung atau di kendalikan jarak jauh dari luar gedung?

+ Pertimbangkan Ruangan

Bagaimana Video Wall akan terlihat secara arsitektural di dalam ruang? Pertimbangkan ukuran ruangannya, pola lalu lintas, lampu sekitar, dan struktur yang dibutuhkan untuk mendukungnya.

+ Pertimbangkan Cahaya Sekitar dan Resolusi

Jenis sistem sangat bergantung pada cahaya sekitar. Kemampuan untuk memproduksi rasio kontras yang baik adalah hal penting untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Ukuran Video Wall dan tipe jarak pandang menentukan resolusi yang dibutuhkan. Selain itu tipe konten dan teks yang akan ditampilkan juga menjadi faktor penentu resolusi.

+ Diskusikan Budget

Meski proyeksi masih menjadi pilihan tepat untuk beberapa desain khusus, kebanyakan Video Wall saat ini terdiri dari panel LCD atau LED. Ada berbagai macam biaya berdasarkan kecerahan, resolusi, ukuran dan desain bentuk dinding. Harga Video prosesor sangat bervariasi berdasarkan fleksibilitas, resolusi, jumlah gambar terpisah, dll. Bahkan ada panel LED fleksibel yang memungkinkan membungkukkan gambar di sekitar permukaan melengkung dan sudut. Maka tentu durabilitas merupakan faktor yang didasarkan pada berapa jam per hari sistem akan digunakan.

+ Pilih tempat untuk Rak Peralatan AV

Rencanakan untuk rak peralatan sebanyak 2-4 rak tergantung pada ukuran Video Wall. Di lingkungan yang bebas debu dengan akses ke bagian depan dan belakang rak. Ini menyisakan ruang bagi “pit crew” untuk melakukan perawatan

+ Rencanakan Konsumsi Listriknya

Video Wall bisa memerlukan daya AC pada display dan / atau hanya di area rack equipment. Jalur saluran antara rak peralatan dan display sangat penting untuk pemasangan dan servis jangka panjang dan kemampuan upgrade

+ Rencanakan Ventilasi

Video Wall dirancang untuk mendapatkan udara baru dan membuang udara panas untuk menjaga elektronik dari overheating. Jika Video Wall Anda dipasang di dalam tempat yang tertutup, maka buatlah rencana untuk mengalirkan udaranya keluar.

+ Ukur, ukur, dan ukur

Ukur dindingnya (gunakan peralatan laser) untuk menentukan apakah benar-benar datar dan rata. Sebagian besar akan memerlukan evaluasi setiap titik pemasangan, shimming, dan penyesuaian untuk memastikan tampilan dapat menciptakan permukaan yang halus. Kesalahan kecil hanya 1/16 inci bisa menjadi inci dari lebih dari 16 display sehingga toleransi sangat ketat. Untuk 1 tampilan, pemasangan bisa memakan waktu berjam-jam, jadi Anda bisa melihat bagaimana sistem multi-display bisa memakan waktu berhari-hari untuk dipasang dengan benar.

+ Pertimbangkan Kontrol

Pertimbangkan dua set panel kontrol-versi yang disederhanakan untuk pengguna dengan on / off dan kemampuan dasar dan versi operator untuk pengguna teknis untuk memantau dan mengendalikan lebih banyak lagi.

Author: admin